Powered By Blogger

Senin, 30 November 2009

Kepribadian Menentukan Perilaku Pembelian Seseorang


Kepribadian adalah suatu organisasi yang dinamis dari system psikofisis individu yang menentukan penyesuaian dirinya terhadap lingkungannya secara unuik.

Unik adalah kepribadian antara individu yang satu dengan yang lain tidak ada yang sama. Maka karena unik inilah yang menyebabkan perilaku pembelian tiap orang berbeda-beda.

Sebagai contoh, ketika seorang wanita muda dinamis yang banyak menghabiskan waktu di luar rumah dan banyak bertemu seseorang, maka sudah semestinya sang wanita haruslah berpenampilan semenarik mungkin. Dan demi memenuhi kebutuhannya itu, mereka melakukan pembelian terhadap atribut-atribut kecantikan, atau dengan bahasa yang lebih mudah “BELANJA”.

Seseorang yang mempunyai kepribadian seperti ini lebih sering melakukan aktivitas belanjanya. Dengan banyak alasan yang salah satu diantaranya merupakan kebutuhan, dan lainnya adalah kecanduan. Kecanduan belanja seperti inilah yang istilah popularnya “Shopaholic” yang mempengaruhi perilaku pembelian seseorang.

Menurut catatan “Perilaku Konsumen” yang saya punya, konsumen memiliki pengetahuan yang dibagi dalam 3, yaitu:

  1. Pengetahuan akan Produk
  2. Pengetahuan tentang Pembelian
  3. Pengetahuan tentang Pemakaian

Dan berdasarkan pengamatan (serta pengalaman) pribadi, untuk type Shopaholic, pengetahuan mereka jauh diatas rata-rata dari yang bukan Shopaholic. Mencari informasi dengan membaca atau bahkan berlangganan catalog barang-barang keluaran terbaru yang ada di majalah juga sebagai penunjang pengetauhan konsumen mereka. Lalu satu hal yang tidak kalah pentingnya juga yaitu ingatan. Ingatan seorang Shopaholic akan suatu barang/merk tertentu jauh lebih tajam disbanding orang lain. Maka untuk sebagian Shopaholic, lebih mudah bagi mereka untuk memutuskan melakukan pembelian karena sebelumnya sudah ada dalam ingatan mereka.

Jadi, apakah Anda seorang Shopaholic atau bukan, yang penting yang harus dilakukan adalah, jadilah konsumen yang bijak dalam melakukan pembelian. Jadilah diri sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar